Back

EFEKTIVITAS EVALUASI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI APLIKASI GOOGLE FORM

Lukman Hakim

Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, Indonesia

Guru SD Islam Ruhama

Artikel  penelitian  ini bertujuan  untuk  mendeskripsikan  mengenai  efektivitas pemanfaatan Google Form dalam kegiatan evaluasi hasil belajar di bidang studi Bahasa Indonesia kelas V SD Islam Ruhama Ciputat Timur. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan  data  dilakukan  dengan  carat  es  dan  nontes. Populasi  dalam  penelitian  ialah seluruh peserta didik di kelas V SD Islam Ruhama Ciputat Timur. Sampel yang dipakai ialah kelas V-C SD Islam Ruhama Ciputat Timur dan tata cara pengambilan sampel menggunakan simple  random  tentang  studi  mengenai efektivitas evaluasi hasil  belajar  Bahasa  Indonesia melalui aplikasi  Google  Form. Berdasarkan  data  yang  diperoleh  dapat  diketahui,  bahwa penilaian Bahasa Indonesia dengan menggunakan Google Form sangat efektif. Hal ini dapat diketahui  dari  tingkat  ketuntasan  hasil  belajar,  yaitu  sebesar 96,7  %serta  tanggapan  dari siswa  yang  sebagian  besar  menyatakan sangat  setuju  (SS)  sebanyak  30,3%  dan  sebanyak 58,0% menyatakan setuju(S).

https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/article/view/19814/10832